opensubscriber
   Find in this group all groups
 
Unknown more information…

z : zamanku@yahoogroups.com 9 April 2009 • 6:34AM -0400

Re: [zamanku] Reinkarnasi Dalam Islam, Apa Ada?
by djoko pranyoto

REPLY TO AUTHOR
 
REPLY TO GROUP



jikalau seorang islam benar benar telah menjalankan syariat islamnya secara benar maka dia akan selamat (islam), sehingga dia telah terbebas dari reinkarnasi.
sebagai contoh dia telah membaca dua kalimat syahadat dengan benar, artinya dia benar benar telah membaca karena meyakini "tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah".
sehingga setiap langkahnya percaya dan yakin selalu dilihat oleh Allah, akhirnya hidupnya berakhir dengan "innalilahi wa innalilahi rojiun", dari Allah kembali ke Allah, dari sumber enersi kembali ke sumber enersi.
masalahnya sekarang....tiada seorangpun yang yakin dia telah menjalankan syariat islamnya secara benar atau tidak.
wassallam

 



________________________________
From: Verri DJ <verri_dj@comp...>
To: parno@yaho...
Sent: Wednesday, April 8, 2009 3:00:54 PM
Subject: [zamanku] Reinkarnasi Dalam Islam, Apa Ada?


                                    Reinkarnasi Dalam Islam
                                                   Oleh : Ferry Djajaprana

Tulisan ini hanya untuk bahan study tentang aliran-aliran di dalam Agama Islam, yang menurut hemat saya mirip dengan kepercayaan Agama Hindu. Namun, setelah ditelisik ternyata tidak mengacu ke sana bahkan merujuk ke Filsafat yang bermuara pada Solon, Neneknya Plato!

Teori Reinkarnasi (tanasukh) dan hulul berasal dari ajaran Aliran Al Hirnaniyyah, sub kelompok dari Mazhab As Sabiah. Menurut mereka pergantian generasi adalah yang disebut hari kiamat yang dijanjikan para nabi dan dunia ini tidak akan musnah.
Firman Allah QS Al Jatsiyah 24 "... Dan tidak ada yang membinasakan kita selain masa..."

Orang yang mati tidak akan hidup kembali dan tidak akan bangkit dari kubur. QS Al Mu'minun 35-36 "Apabila Ia menjanjikan kepada kamu sekalian bahwa kamu telah mati dan telah menjadi tanah dan tulang belulang, kamu sesungguhnya akan dikeluarkan (dari kuburmu). Jauh-jauh sekali dari kebenaran apa yang diancam kepada kamu itu".

Yang dimaksud tanasukh adalah kelahiran berulang kali atau periodesasi dan proses yang terus menerus. Apa yang ada pada suatu periode akan lahir kembali pada periode berikutnya. Siksa dan ganjaran terjadi di dunia ini karena pada periode ini dia tidak melakukannya.
Peristiwa yang terjadi sekarang  merupakan balasan dari perbuatan sebelumnya. Apa yang terjadi pada masa lampau terjadi pada masa sekarang, apa yang terjadi sekarang bukan dari perbuatan yang Maha Bijaksana.

Adapun yang dimaksud hulul (mengambil tempat atau menanti) adalah masuknya roh ketuhanan ke dalam tubuh manusia. Hulul dapat terjadi pada keseluruhan atau pada sebagian zat berdasarkan kesiapan dzat penerima.

Menurut mereka roh ketuhanan menempati seluruh tubuh, sedangkan Tuhan YME tidak akan lahir perbuatannya kecuali satu demi satu sesuai perbedaan obyek dan waktu. Tujuh planet itu merkurius, venus, jupiter, matahari, Saturnus, bulan (red. dan bumi?) seolah-olah anggota tubuh.

Ajaran Al Harnanian menyandarkan pada nabinya : Azimun, Hormudz, A'Yan dan Awzi. Sebagian lagi menyandarkan pada Solon (Nenek Plato dari pihak Ibu)

(Sumber : Al Milal Wa Al Nihal, Muhammad Bin Abdul Karim Al Syahrastani, PT Bina Ilmu, Surabaya, 2005, Diringkas dari Buku2 h. 50-52)

Sekarang, bagaimana pandangan Anda mengenai Reinkarnasi di dalam Agama Islam? Any comment?

Salam,
Http://ferrydjajapr ana.multiply. com




      

Bookmark with:

Delicious   Digg   reddit   Facebook   StumbleUpon

Related Messages

opensubscriber is not affiliated with the authors of this message nor responsible for its content.